Kimia

Minggu, 28 Oktober 2012

Jeritan Mahasiswa


       Menghafal hanya akan mempersingkat waktu kuliah 4 tahun, tapi masa depan kita yg 40 tahun telah kita SIA-SIAKAN..

       Universitas yg terbaik itu adalah universitas yang tidak banyak memberi tugas dan menuntut Indeks Prestasi yg baik. tetapi, universitas yang baik itu adalah universitas yang memberikan kebebasan kepada mahasiswanya untuk slalu berkarya sehingga mahasiswa menjadi lebih bermanfaat..

       Contoh, Universitas Rabbit Experiment (URB). setiap slesai  melakukan praktikum, mahasiswa selalu dituntut untuk mebuat laporan praktikum wajib ACC. saya menggunakan pendekatan persetujuan dengan ACC. Tetapi bagaimana jika hanya salah penulisan, misalnya kata kidnaper (penculik) ditulis kidnapper. itu menyebabkan laporan praktikum tdk di ACC sehingga laporan tersebut tdk bs dikumpul yang berimbas pada nilai praktek sang praktikan, padahal dari segi isi laporan tersebut sudah lengkap.

      Ditambah lagi, asisten lab yang memiliki kriteria penilaian yang berbeda". padahal konsep penulisan laporan yang benar hanya ada satu. cara asisten memeriksa laporan praktikan terkesan seperti asisten yang hanya ingin membalaskan dendamnya, mungkiin karena dulu diperlakukan serupa.

    Sekarang siapa yang menjadi korban? ya, praktikan yang menjadi korban. mahasiswa menjadi tertekan. waktu belajar banyak tersita hanya karena sebuah kata ACC. lau sudah begini kapan mahasiswa akan melakukan terobosan baru? membuat penemuan baru,  berkreasi dan menjadi konsep mahasiswa yaitu agen of change..

    Konsep belajar sperti ini mungkin akan menghemat waktu kuliah 4 tahun. tetapi sebenarnya, masa depan mahasiswa yang 40 tahunnya telah direnggut, dan hanya akan tertinggal sebuah kata penyesalan..

     Mari, kita ubah metode mengajar menjadi yang lebih baik, yang meberikan kebebasan kepada masiswa untuk berkreasi dan berinovasi. Khususnya bagi kita calon guru/dosen masa depan. Hidup Mahasiswa..!!!

Ketua Angkatan Pendidikan Kimia'12
FKIP UNTAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar